Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Latar Belakang Skripsi Mahasiswa Non Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Surakarta”

WIRASTUTI, INTAN (2013) Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Latar Belakang Skripsi Mahasiswa Non Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Surakarta”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9R._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (202kB)

Abstract

Analisis kesalahan terdengar hanya sebagai pekerjaan yang membosankan yang berusaha mencari-cari kesalahan. Banyak penulis mengalami kesalahan dalam menggunakan bahasa pada saat menulis. Kesalahan itu dapat berupa tanda baca, ejaan, penggunaan huruf, diksi, penggunaan kalimat, dan kesalahan dalam penulisan kata. Penelitian ini bertujuan : mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan pada penulisan latar belakang yang dilakukan oleh mahasiswa non bahasa dan sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta, mendeskripsikan kesalahan penggunaan pilihan kata atau diksi, mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat, mendeskripsikan penyebab kesalahan pemakaian bahasa pada penulisan latar belakang yang dilakukan oleh mahasiswa non bahasa dan sastra Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan metode simak disebut juga metode penyimakan, karena cara yang digunakan untuk memperoleh data dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa. Selanjutnya teknik ini dilanjutkan dengan teknik catat. Metode analisis data menggunakan model analisis interaktif, ada tiga komponen dalam analisis yang harus diperatikan: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian yang diperoleh: Kesalahan penggunaan ejaan; kesalahan pemakaian huruf kapital 15%, kesalahan penggunaan tanda baca 50% , kesalahan penulisan kata 22,5%. Kesalahan pemakaian diksi yang diperoleh setelah dilakukan analisis 5%. Kesalahan penyusunan kalimat 7,5%. Penyebab kesalahan penggunaan bahasa dapat ditimbulkan dari diri sendiri karena kurang paham mengenai apa itu kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, penulisan kata, serta pemakaian diksi dan penyusunan kalimat yang baik. Selain kurang faktor kurang pahaman terhadap apa yang sedang dikerjakan juga terdapat faktor kehati-hatian. Kesalahan yang bersumber dari luar diri sendiri dapat terjadi karena adanya faktor keterkaitan. Faktor keterkaitan yang dimaksud adalah banyaknya orang yang ikut melibatkan diri dalam penulisan skripsi yang sedang dibuat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: anakes, latar belakang skripsi non bahasa dan sastra Indonesia UMS.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Mar 2013 12:36
Last Modified: 27 Mar 2013 12:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item View Item