Karakteristik Tindak Tutur pada Wacana Slogan di Lingkungan Surakarta

SUPRAPTINI, YUTI (2013) Karakteristik Tindak Tutur pada Wacana Slogan di Lingkungan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (266kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk tindak tutur pada wacana slogan yang ada di lingkungan Surakarta dan mengidentifikasi karakteristik tindak tutur wacana slogan di lingkungan Surakarta. Penelitian dianalisis menggunakan metode padan dan agih. Hasil penelitian ini Bentuk-bentuk tindak tutur yang dianalisis dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif dan tindak tutur representatif. Terdapat 8 modus yaitu: perintah 14 tuturan, mengimbau 7 tuturan, mengajak 6 tuturan, permintaan 4 tuturan, sindiran 2 tuturan, peringantan 2 tuturan, melarang 2 tututran, menyarankan 1 tuturan, Adapun tindak tutur representatif tuturan tersebut menyatakan 10 tuturan dan memberitahukan 8 tuturan. Karakteristik tindak tutur wacana slogan di lingkungan Surakarta terdiri atas tiga karakteristik, yakni meliputi (1) Karakteristik tindak tutur pada wacana slogan di lingkungan Surakarta memiliki kecenderungan untuk menyatakan maksud tuturan secara langsung. Pada maksud tindak tutur ini di dominasi oleh tindak tutur direktif dengan modus mengajak dan memerintah; (2) Karakteristik tindak tutur pada wacana slogan cenderung juga disertai dengan penanda kata definisi yakni Kata yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas; (3) Karakteristik tindak tutur pada wacana slogan di lingkungan Surakarta menunjukan bahwa penutur lebih tinggi status sosialnya dari pada mitra tutur, ditinjau dari situasi sosialnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: slogan, tindak tutur, karakteristik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Mar 2013 12:10
Last Modified: 27 Mar 2013 12:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23349

Actions (login required)

View Item View Item