Tindak Tutur Pedagang Jamu Gendong di Jati Ranggon Kecamatan Jati Sampurna Bekasi Beserta Implikasi dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Walisongo Bekasi

Lestari, Nunik and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Tindak Tutur Pedagang Jamu Gendong di Jati Ranggon Kecamatan Jati Sampurna Bekasi Beserta Implikasi dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Walisongo Bekasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (627kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan tindak tutur yang digunakan pedagang jamu gendong di Jati Sampurna Bekasi. (2) Mendeskripsikan jenis tindak tutur yang digunakan pedagang jamu gendong di daerah Jati Sampurna Bekasi. (3) Mendeskripsikan implementasi hasil penelitian tindak tutur pedagang jamu gendong apabila diterapkan di SMP Walisongo Bekasi. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak yang memiliki teknik dasar yaitu teknik sadap yang meliputi teknik bebas libat cakap yang diikuti dengan teknik lanjutan yaitu teknik rekam dan catat. Metode analisis data menggunakan metode padan dengan teknik referensial dan teknik pragmatis. Hasil penelitian dapat diperoleh suatu kesimpulan. (1) Bentuk tindak tutur pedagang jamu gendong adalah a) representatif, b) direktif, c) ekspresif, d) komisif, dan e) deklaratif. (2) Jenis tindak tutur pedagang jamu gendong adalah representatif meliputi modus: (a) menunjukkan, (b) mengakui, (c) melaporkan, dan (d) menyebutkan. Tuturan direktif meliputi modus: (a) mengajak, (b) meminta tanya, (c) menyuruh, dan (d) mendesak. Tuturan ekspresif meliputi modus: (a) memuji, dan (b) mengucapkan terimakasih. Tuturan komisif meliputi modus: (a)berjanji. Tuturan deklaratif meliputi modus: (a) memutuskan. (3) Implementasi hasil penelitian tindak tutur pedagang jamu gendong terdapat pada kelas VII dengan Standar Kompetensi (Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita), dan Kompetensi Dasar: (Bercerita dengan alat peraga). Pada kelas VIII dengan Standar Kompetensi: (Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan), dan Kompetensi Dasar: (Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara). Pada kelas IX dengan Standar Kompetensi: (Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan), dan Kompetensi Dasar: (Mengkritik/memuji berbagai karya ((seni atau produk)) dengan bahasa yang lugas dan santun).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, ilokusi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Mar 2013 12:02
Last Modified: 30 Oct 2021 22:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item View Item