Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Dengan Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Semester 1

Shofianingrum, Sheila Ayu and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2013) Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Dengan Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Semester 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (103kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now dan mengetahui perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII A dan data dalam penelitian ini adalah karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) penerapan strategi pembelajaran Writing in the Here and Now dapat meningkatkan kema mpuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadipada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Pada prasiklus nilai rata-rata yang dicapai siswa hanya mencapai 59,2. Pada siklus I meningkat menjadi 72,3 dan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 77,5 (2) strategi pembelajaran Writing in the Here and Now dapat meningkatkan perubahan perilaku siswa dari yang kurang baik menjadi baik. Hal ini dapat dilihat pada setiap siklusnya dalam pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karangan, narasi, pengalaman, p ribadi, strategi pembelajaran Writing in the Here and Now, penelitian tindakan kelas (PTK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2013 08:00
Last Modified: 30 Oct 2021 22:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23337

Actions (login required)

View Item View Item