Konflik Sosial Dan Politik Dalam Novel Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer Karya Pramoedya Ananta Toer: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Khoirun, Nisa' and , Drs. Djoko Santoso, M.Ag and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum (2013) Konflik Sosial Dan Politik Dalam Novel Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer Karya Pramoedya Ananta Toer: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (354kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (499kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur novel Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer (PRDCM) karya Pramoedya Ananta Toer, (2) mendeskripsikan konflik sosial dalam novel PRDCM karya Pramoedya Ananta Toer, (3) mendeskripsikan konflik politik dalam novel PRDCM karya Pramoedya Ananta Toer, dan (4) implementasi novel PRDCM sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian berupa konflik sosial dan politik dalam novel PRDCM karya Pramoedya Ananta Toer. Data penelitian berupa wacana novel PRDCM karya Pramoedya Ananta Toer dan sumber data primer dalam penelitian berupa novel. Sumber data sekunder berupa Biografi Pramoedya Ananta Toer dan karya-karyanya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, dan catat.Validitas data menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data berupa metode dialektika. Berdasarkan analisis struktural tema novel PRDCM karya Pramoedya Ananta Toer tentang ketragisan hidup yang dialami oleh para remaja pada masa pemerintahan Jepang. Adapun alur yang digunakan dalam novel adalah alur maju. Tokoh-tokoh yang dianalisis meliputi Siti F, Sumiyati, Serdadu Jepang, Sulastri, Tri Rahmadi Suryosaputro, Bolansar alias Muka Jawa, dan Sarony. Latar pada novel dibagi menjadi tiga bagian, yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Hasil penelitian konflik sosial dan politik dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra dalam novel PRDCM karya Pramoedya Ananta Toer sebagai berikut konflik sosial antara lain kehidupan yang diliputi rasa takut/cemas, terancam kematian karena kekerasan. Konflik politik antara lain senjata-senjata pertempuran berupa kekerasan fisik, kekayaan, dan media informasi yang menyebabkan manusia menjadi trauma terhadap perlakuan Jepang. Strategi politik berupa perjuangan terbuka dan perjuangan diam-diam, pergolakan di dalam rezim dan perjuangan untuk mengontrol rezim, dan kamuflase terhadap kekuasaan Jepang. Implementasi novel PRDCM sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dan relevan untuk dijadikan bahan materi pembelajaran sastra.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konflik sosial, konflik politik novel PRDCM, tinjauan sosiologi sastra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2013 11:47
Last Modified: 30 Oct 2021 22:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23322

Actions (login required)

View Item View Item