Aspek Religius dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Sofiyanto, Radhitya and , Dr. Nafron Hasyim and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2013) Aspek Religius dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (579kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (509kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar; (2) mengungkapkan aspek religius novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dengan pendekatan sosiologi sastra; (3) mengungkapkan implikasi hasil penelitian sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar adalah jenis kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek religius novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar yang diterbitkan oleh Inandra Publisher. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Sumber data skunder dalam penelitian ini adalah berupa artikel dan data-data yang bersumber dari buku acuan yang berhubungan dengan permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan catat. Validitas data menggunakan triangulasi data (sumber). Teknik analisis data menggunakan metode dialektika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Analisis struktur novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar menunjukkan kebulatan, keharmonisan, dan kesatuan yang padu. Hubungan ini dapat dilihat dari jalinan cerita yang merupakan perpaduan antara tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan berhubungan dengan latar, yaitu perjuangan melawan kanker yang harus mencari pengobatan terbaik di seluruh kota. Tema juga berhubungan dengan tokoh, yaitu perjuangan melawan kanker membutuhkan dukungan dari orang-orang yang ia sayang. Tema berhubungan dengan alur, yaitu perjuangan melawan kanker membuat bertahan kuat dan ikhlas menjalani cobaan yang berat. 2) Analisis aspek religius novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar menemukan dua aspek yaitu sikap ikhlas dan sikap pasrah. Hasil penelitian dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA, khususnya kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek religius, sosiologi sastra, novel Surat Kecil untuk Tuhan.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 25 Mar 2013 12:25
Last Modified: 30 Oct 2021 22:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23311

Actions (login required)

View Item View Item