Bahasa Figuratif Pada Kumpulan Puisi Mata Pisau Karya Sapardi Djoko Damono Dan Pemaknaannya: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Di SMA

Aryani, Surya Ningtyas and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2013) Bahasa Figuratif Pada Kumpulan Puisi Mata Pisau Karya Sapardi Djoko Damono Dan Pemaknaannya: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (415kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemanfaatan majas kumpulan puisi Mata Pisau karya Sapardi Djoko Damono, (2) mendeskripsikan pemanfaatan tuturan idiomatik dalam kumpulan puisi Mata Pisau, (3) mendeskripsikan makna puisi dalam kumpulan puisi Mata Pisau, (4) mendeskripsikan implementasi bahasa figuratif dalam puisi Mata Pisau sebagai bahan ajar Bahasa dan Sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah bahasa figuratif dan pemaknaannya dengan tinjauan stilistika dan implementasinya sebagai bahan ajar Bahasa dan Sastra di SMA pada penggalan puisi dalam kumpulan puisi Mata Pisau. Sumber data yang diperoleh dari penggalan puisi dalam kumpulan puisi Mata Pisau berjumlah 9 judul puisi. Teknik pengumpulan data yakni, menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik, yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) pemanfaatan bahasa figuratif dalam kumpulan puisi Mata Pisau berupa majas dan tuturan idiomatik. Majas yang terdapat dalam kumpulan puisi Mata Pisau adalah (a) majas personifikasi, (b) majas metafora, (c) majas perumpamaan epos, (d) majas hiperbola, (e) majas simile, dan (f) majas metonimia. Tuturan idiomatik yang terdapat dalam penggalan puisi kumpulan puisi Mata Pisau adalah bibir-bibir bunga. (2) pemaknaan bahasa figuratif dalam penggalan puisi pada kumpulan puisi Mata Pisau dibagi menjadi dua, yakni (a) pemaknaan majas dan (b) pemaknaan tuturan idiomatik dalam penggalan puisi pada kumpulan puisi Mata Pisau. Pemaknaan majas meliputi, pesan moral di antaranya pesan moral kesabaran, pantang menyerah, kesadaran diri, serta kejujuran. Adapun pemaknaan tuturan idiomatik meliputi, pesan moral pantang menyerah. Implementasi bahasa figuratif dalam penggalan puisi pada kumpulan puisi Mata Pisau sebagai bahan ajar Sastra di SMA, yakni terdapat pada standar kompetensi mendengarkan 5. memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung dengan kompetensi dasar 5.1 mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman, dilanjutkan 5.2 mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahasa figuratif, kumpulan puisi Mata Pisau, kajian stilistika, bahan ajar Sastra di SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 12:27
Last Modified: 30 Oct 2021 22:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23308

Actions (login required)

View Item View Item