Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Siswa SMP N 3 Polanharjo Tahun 2012/2013

Wahyuni, Fina Tri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Siswa SMP N 3 Polanharjo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_depan.pdf

Download (642kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (438kB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) Mendiskripsikan peningkatan kemandirian dalam belajar matematika dengan strategi RME. (2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan strategi RME. Jenis penelitian, Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan siswa kelas VII D SMP N 3 Polanharjo, berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran RME dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika. (1) Peningkatan kemandirian belajar matematika diamati dari meningkatnya a) menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sendiri kondisi awal 38,46%, siklus I 65,39%, dan siklus II 88,46%, b) mengatasi masalah belajar sendiri kondisi awal 23,08%, siklus I 61,54%, dan siklus II 88,46%, c) percaya pada kemampuan diri sendiri kondisi awal 15,38%, siklus I 30,77%, dan siklus II 57,69%, d) mengatur diri sendiri kondisi awal 26,92%, siklus I 50,00%, dan siklus II 76,92%. (2) Peningkatan hasil belajar matematika diukur dari nilai ulangan harian, kondisi awal 38,46%, siklus I 69,23%, dan siklus II 88,46%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, hasil belajar, RME
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2013 11:29
Last Modified: 27 Oct 2021 22:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23303

Actions (login required)

View Item View Item