Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Pemanfaatan Media Berbasis Information And Communication Technology (PTK Pada Siswa Kelas X SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013)

Nugraheni, Hermin and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Pemanfaatan Media Berbasis Information And Communication Technology (PTK Pada Siswa Kelas X SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (724kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (537kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar matematika pada siswa kelas X SMK Prawira Marta Kartasura tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran melalui pemanfaatan media berbasis ICT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Prawira Marta Kartasura sebanyak 23 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah kemandirian belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kemandirian belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemandirian belajar matematika yang meliputi: 1) kemampuan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh guru sebelum siklus 26,08 %, sesudah siklus 73,91 %, 2) kemampuan mengatasi kesulitan memahami bahan ajar sebelum siklus 26,08 %, sesudah siklus 73,91 %, 3) percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum siklus 34,78 %, sesudah siklus 82,60 %, dan 4) kemampuan mengatur dirinya sendiri sebelum siklus 39,13 %, sesudah siklus 82,60 %. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pemanfaatan media berbasis ICT dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, ICT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2013 11:10
Last Modified: 27 Oct 2021 22:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23299

Actions (login required)

View Item View Item