Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Rintihan Dari Lembah Lebanon Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Psikologi Sastra

Kurniawati, Erny (2013) Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Rintihan Dari Lembah Lebanon Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Psikologi Sastra. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Rintihan dari Lembah Lebanon, dan (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon karya Taufiqurrahman al-Azizy dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon tinjauan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Rintihan dari Lembah Lebanon karya Taufiqurrahman al-Azizy. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel dari internet dan data-data yang bersumber dari buku acuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi sumber. Adapun analisis datanya yaitu dengan teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural pada novel Rintihan dari Lembah Lebanon yaitu tema tentang cinta suci seorang pemuda kepada kekasihnya. Alur dalam novel ini, yaitu alur mundur (Regresif). Tokoh-tokoh yang dianalisis dalam penelitian ini adalah tokoh utama yaitu Alif dan tokoh tambahan yaitu Aziz, Naysila, Lubna, Ehud, Soimah, Salman, Maria, Ghufron, dan Kang Rahmat. Latar dalam novel ini menggunakan latar tempat di kota Surakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Lebanon. Latar waktu terjadi selama kurang lebih 4,5 sampai 5 tahun, yaitu antara tahun 2006 sampai tahun 2011. Latar sosial yang digambarkan adalah Alif seorang anak yatim piatu yang harus tinggal di pondok pesantren sesuai dengan wasiat ayahnya. Unsur-unsur dalam novel tersebut yaitu tema, alur, penokohan dan latar saling berhubungan sehingga menciptakan sebuah keutuhan karena semuanya terjalin dengan baik. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, wujud konflik batin dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon adalah (1) konflik mendekat-mendekat, (2) konflik mendekat-menjauh,dan (3) konflik menjauh-menjauh. Hasil penelitian ini juga dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran di SMA khususnya kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konflik batin, psikologi sastra, novel Rintihan dari Lembah Lebanon
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 07:57
Last Modified: 25 Mar 2013 07:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23290

Actions (login required)

View Item View Item