Variasi Bahasa Jawa Pada Percakapan Nasabah Dan Debt Collector Ksu “Langgeng Dhana Makmur” Di Kab. Ngawi Beserta Implementasi Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Di SMP N 1 Sine

Astriana, Reni and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Variasi Bahasa Jawa Pada Percakapan Nasabah Dan Debt Collector Ksu “Langgeng Dhana Makmur” Di Kab. Ngawi Beserta Implementasi Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Di SMP N 1 Sine. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (996kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan tingkat tutur bahasa Jawa yang digunakan nasabah dan debtkolektor di KSU Langgeng Dhana Makmur di Ngawi. (2)Mengetahui faktor penentu variasi bahasa Jawa pada percakapan antara nasabah dan debtkolektor di KSU Langgeng Dhana Makmur di Ngawi. (3)Mendeskripsikan implementasi hasil penelitian dalam penerapannya di SMP N 1 Sine. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah bahasa nasabah dan debt collector. Wujudnya adalah tuturan lisan yang di tuangkan dalam bentuk tulisan yang mengandung variasi bahasa jawa pada percakapan antara nasabah dan debt collector. Sumber data dalam penelitian ini adalah bahasa lisan yang digunakan oleh nasabah dan debt collector. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak yang memiliki teknik dasar yaitu teknik sadap yang meliputi teknik bebas libat cakap yang diikuti dengan teknik lanjutan yaitu teknik rekam dan catat. Analisis data dengan metode padan teknik referensial. Hasil penelitian dapat diperoleh suatu kesimpulan. (1) ingkat tutur yang digunakan oleh nasabah dan debt collector adalah tingkat tutur krama, madya dan ngoko. (2) Faktor penetu penggunaan bahasa Jawa yang digunakan oleh nasabah dan debt collector adalah usia debt collector lebih tua, usia debt collector lebih muda dan status sosial. (3) implementasi hasil penelitian di sekolah adalah dalam penerapan di sekolah para siswa sudah menerapkan tetapi masih terdapat kesulitan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat tutur, bahasa Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 06:32
Last Modified: 29 Oct 2021 03:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23285

Actions (login required)

View Item View Item