Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Membaca Intensif Melalui Metode Assessment Search Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 2 Alastuwo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Puspitasari, Erna and , Drs. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Membaca Intensif Melalui Metode Assessment Search Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 2 Alastuwo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu mendeskripsikan bahwa metode assessment search dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep membaca intensif pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Alastuwo, Kecamatan Kebakkaramat, Kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, jenisnya PTK. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Alastuwo, sumber data yang diperoleh, yaitu hasil pembelajaran membaca intensif melalui metode assessment search pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Alastuwo, teknik analisis yang digunakan berupa teknik analisis induktif, diperoleh dari penelitian hasil wawancara, angket, dan pengamatan (observasi), kemudian dianalisis secara sistematis dan selanjutnya menjadi hipotesis. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa (1) Penerapan metode assessment search dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif dalam menemukan masalah utama berita siswa kelas V di SD N 2 Alastuwo tahun ajaran 2012/2013, (2) Nilai kemampuan menemukan masalah utama berita mengalami pasang surut dari sebelum tindakan sampai siklus II. Nilai rata-rata sebelum siklus 31,82 %, kemudian nilai rata-rata tersebut naik menjadi 39,7 % pada siklus 1. Sedangkan, nilai rata-rata siklus II mengalami peningkatan dari 59,24 %, (3) Hambatan selama proses pembelajaran dapat diatasi dengan menggunakan metode Assessment search dengan cara sebagai berikut: (a) Siswa dibiasakan untuk segera berkelompok dan memberikan penjelasan materi, (b) Setiap siswa dalam kelompok diberi teks berita sehingga saat salah satu siswa membacakan, siswa yang lain dapat menyimak, (c) Teks berita yang diberikan dipilih yang pendek dengan isi pemahaman yang mudah dipahami, (d) Guru memberikan penjelasan mengenai kata-kata sukar yang belum dimengerti siswa, (e) Guru selalu menjelaskan materi pada setiap pertemuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca intensif dan Metode assessment search
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 05:20
Last Modified: 30 Oct 2021 17:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23283

Actions (login required)

View Item View Item