Upaya Peningkatan Kreativitas Memecahkan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Teras

Alkhasanah, Nuraini and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Kreativitas Memecahkan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Teras. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan_(cover-abstrak).pdf

Download (382kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan mendiskripsikan peningkatan kreativitas memecahkan masalah setelah menggunakan strategi pembelajaran PBL. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Teras yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas memecahkan masalah pada siswa dalam pembelajaran matematika tentang keliling dan luas lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa dapat menemukan masalah yang diajukan dalam bentuk pertanyaan kepada guru maupun siswa lain sebelum tindakan 8,82% dan sesudah tindakan 53,33%, menemukan jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru maupun siswa lain sebelum tindakan 11,76% dan sesudah tindakan 53,33%, menemukan solusi permasalahan dari guru sebelum tindakan 24,47% dan sesudah tindakan 86,67%, serta mengungkapkan ide atau gagasan sebelum tindakan 11,76% dan sesudah tindakan 63,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas memecahkan masalah pada siswa dalam pembelajaran matematika tentang keliling dan luas lingkaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas memecahkan masalah, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2013 12:06
Last Modified: 27 Oct 2021 22:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23279

Actions (login required)

View Item View Item