Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa Melalui Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Ii Krisak Kecamatan Selogiri Tahun Ajaran 2012/2013

Haryanto, Aris and , Dr. Samino, M.M. and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa Melalui Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Ii Krisak Kecamatan Selogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11.NASKAH_PULIKASI.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui penerapan metode Iqro’ dan khususnya untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa membaca huruf Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri II Krisak, kecamatan Selogiri, kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri II Krisak, Selogiri, Wonogiri. Sedangkan hal yang diamati dalam penelitian ini adalah kelancaran dan ketelitian yang mengarah pada keterampilan siswa dalam membaca huruf Jawa serta aktivitas siswa dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Data dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari menelaah seluruh data yang telah terkumpul, mereduksi data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan membaca. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 63,03 dengan ketuntasan belajar 29%, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 68,07 dengan ketuntasan belajar 79%, dan pada siklus II terjadi peningkatan ketermpilan membaca yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 74,96 dan ketuntasan belajar 93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Iqro’ dapat meningkatkan keterampilan membaca huruf Jawa siswa kelas IV SD Negeri II Krisak, Kec.Selogiri, Kab. Wonogiri tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, metode Iqro’
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2013 11:35
Last Modified: 30 Oct 2021 17:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23275

Actions (login required)

View Item View Item