Penerapan Strategi Firing Line Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Kelas V Sd Negeri 01 Jantiharjo Tahun Ajaran 2012/2013

MARHENI , ASTRI (2013) Penerapan Strategi Firing Line Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Kelas V Sd Negeri 01 Jantiharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam mengiktuti pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri 01 Jantiharjo melalui penerapan strategi pembelajaran firing line. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Jantiharjo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan, soal tes, dan daftar nilai kelas V SD Negeri 01 Jantiharjo. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi.Sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa data awal siswa yaitu tingkat partisipasi siswa dengan indikator partisipasi : 1. Keaktifan mengerjakan soal 55%, 2. Keaktifan bertanya 55%, 3. Keaktifan menjawab 59%, 4. Keaktifan mengajukan pendapat 50%, 5. Membuat kesimpulan pembelajaran 50% . Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran PKn adalah 7,0. Rata–rata hasil belajar siswa yang belum tuntas (KKM < 7,0) sebanyak 38%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang sudah tuntas (KKM > 7,0) sebanyak 62%. Hasil dari penelitian ini diperoleh persentase tiap indikator yaitu : 1. Aktif mengerjakan soal 88%, 2. mengajukan pertanyaan 83%, 3.aktif menjawab pertanyaan 86%, 4. aktif mengajukan pendapat 81%, 5. aktif membuat kesimpulan pembelajaran 83%. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang dapat mencapai KKM sebesar 83%. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80% dengan KKM

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Firing Line, partisipasi .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 22 Mar 2013 11:22
Last Modified: 22 Mar 2013 13:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23271

Actions (login required)

View Item View Item