Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Active Knowledge Sharing Pada Siswa Kelas IV Di Sdn 03 Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

APRILANI, MURNIA (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Active Knowledge Sharing Pada Siswa Kelas IV Di Sdn 03 Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (419kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam hal mengarang narasi dengan metode active knowledge sharing yang dapat dijadikan sebagai suatu alternatif proses pembelajaran di Sekolah Dasar. 2. Secara khusus. 1. Untuk penerapan metode active knowledge sharing dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 03 Ngargoyoso Kecamatan Ngargoyoso Tahun Ajaran 2012/2013. 2. Untuk penerapan metode active knowledge sharing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Ngargoyoso Kecamatan Ngargoyoso Tahun Ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 03 Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 14 siswa yang terdiri 6 Putra dan 8 Putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus III aspek isi karangan narasi siswa mengalami peningkatan yaitu sebanyak 2 siswa (18%) sampai pada siklus akhir menjadi 12 siswa (85%). Aspek organisasi isi karangan narasi siswa sebanyak 2 siswa (18%), sampai pada siklus akhir menjadi 11 siswa (80%). Aspek kosakata karangan narasi sebanyak 3 siswa (25%), sampai pada siklus akhir menjadi 12 siswa (85%). Aspek tata bahasa karangan narasi sebanyak 3 siswa (25%), sampai pada siklus akhir menjadi 12 siswa (85%). Aspek ejaan karangan narasi sebanyak 4 siswa (31%), sampai pada siklus akhir menjadi 13 siswa (90%). Sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, siswa yang tuntas belajarnya sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 6 siswa, pada pelaksanaan siklus I sebanyak 8 siswa, siklus II sebanyak 10 siswa dan siklus III sebanyak 12 siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: active knowledge sharing, kemampuan menulis karangan narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2013 10:56
Last Modified: 22 Mar 2013 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item View Item