Peranan Polisi Dalam Menangani Kasus Pencurian Yang Dilakukan Oleh Anak Di Bawah Umur Di Polres Wonogiri Pada Tahun 2012 (Studi Kasus di Polres Wonogiri)

Setyawan, Dely (2013) Peranan Polisi Dalam Menangani Kasus Pencurian Yang Dilakukan Oleh Anak Di Bawah Umur Di Polres Wonogiri Pada Tahun 2012 (Studi Kasus di Polres Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (543kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (220kB)

Abstract

T ujuan penelitian ini untuk menggambarkan peranan polisi dalam menangani kasus pencurian yang dilakukan oleh anak di bawah umur di wilayah kerja Polres Wonogiri pada tahun 2012. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan, dengan terkait wawancara pada Kapolres, anggota Satreskrim, anggota PPA Polres Wonogiri, orang tua, anak yang melakukan tindak pidana pencurian. Dokumen, dengan telaah dokumen pada undang-undang yang terkait terhadap tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak, berkas perkara, hasil penelitian dari Bapas, dan berkas acara pemeriksaan terhadap pencurian yang dilakukan oleh anak. Serta observasi pada penanganan yang dilakukan Polres Wonogiri terhadap anak yang melakukan pencurian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Jumlah pelaku tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak sebanyak tujuh orang, usianya rata-rata 16 tahun; 2) Faktor- faktor yang melatar belakangi tindak pidana pencurian berupa, faktor ekonomi, lingkungan, dan keluarga; 3) Upaya yang dilakukan Polres Wonogiri untuk menangani kasus pencurian yang dilakukan anak dengan kegiatan preventif dan penanganan kasus; 4) kendala yang dialami yaitu jumlah personil yang terbatas, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, yang meliputi ruang unit PPA dan ruang pemeriksaan terhadap anak yang masih digabung menjadi satu, serta fasilitas ruang tahanan anak yang masih kurang mendukung untuk memenuhi hak-hak anak selama di tahan; 5) Upaya yang dilakukan oleh Polres Wonogiri untuk mengatasi kendala dilakukan dengan melakukan penyuluhan bersama dengan TNI, tetap bekerja keras sesuai prosedur, dan lebih memberi perhatian kepada anak yang ditahan di Polres Wonogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanganan Polisi, Pencurian, Anak di Bawah umur.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Mar 2013 10:36
Last Modified: 22 Mar 2013 10:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23260

Actions (login required)

View Item View Item