Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013)

Puspitasari, Dian Febriana and , Dra. Sundari, SH., M.Hum. (2013) Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan profil kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Mendeskripsikan kendala-kendala untuk menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, 4) Mendeskripsikan upaya guru untuk menegakkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono, Boyolali. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn sudah baik walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin misalnya bercanda dengan teman sebangku, mengerjakan tugas lain dan ada yang tertidur saat KBM, 2) faktor yang dapat mendukung kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono antara lain sarana dan prasarana sekolah yang memadai serta lokasi sekolah yang mendukung kenyamanan belajar, 3) kendala terciptanya kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn di SMK Negeri 1 Banyudono adalah masih adanya guru yang kurang disiplin sehingga mereka meniru tingkah laku guru tersebut dan cara mengajar guru yang kurang menarik minat siswa, 4) upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PKn adalah dengan memberikan inovasi pembelajaran dalam kelas serta memberikan contoh yang baik bagi para siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Mar 2013 07:28
Last Modified: 23 Oct 2021 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23257

Actions (login required)

View Item View Item