Optimalisasi Pembinaan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Sebagai Upaya Mencegah Terjadinya Recidive (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen Tahun 2012)

Listyaningrum, Nindya Agustin (2013) Optimalisasi Pembinaan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Sebagai Upaya Mencegah Terjadinya Recidive (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan profil narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen, 2) Mendiskripsikan bentuk-bentuk pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen, 3) Mendiskripsikan langkah-langkah yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen dalam mencegah terjadinya recidive. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus tunggal terpancang. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi sumber yang berupa informasi dari tempat, peristiwa dan dokumen yang memuat catatan. Kedua, trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian mengenai optimalisasi embinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan sebagai upaya mencegah terjadinya recidive dapat ditarik kesimpulan: 1) Profil narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen dari segi pendidikan sebagian besar adalah tamat SMP, sedangkan dari segi agamanya sebagian besar adalah beragama Islam, selanjutnya dari segi sosial terlihat bahwa para warga binaan pemasyarakatan saling memiliki rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang diwujudkan dengan adanya kegiatan sholat berjama’ah dan kerjabakti, 2) Bentuk pembinaan yang diberikan terhadap para narapidana atau warga binaan pemasyarakatan diwujudkan dalam pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian, 3) Langkah yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sragen dalam mencegah terjadinya recidive adalah dengan memberikan pendekatan dan perhatian yang lebih terhadap para narapidana atau warga binaan pemasyarakatan kambuhan, perhatian dan pendekatan lebih tersebut diberikan oleh para petugas pembinaan pemasyarakatan dalam proses pembinaan, serta dari pihak keluarga yang diberikan pada saat melaksanakan kunjungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pembinaan, Narapidana, dan Recidive
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Mar 2013 06:46
Last Modified: 22 Mar 2013 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item View Item