Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving Dan Contextual Teaching And Learning (CTL)Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kedisiplinan Siswa

Oktaviana, Elisa and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving Dan Contextual Teaching And Learning (CTL)Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kedisiplinan Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (801kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan: (1) pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan Contextual Teaching and Learning(CTL) terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 270 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebelum dilakukan uji hipotesis menggunakan anava, perlu diadakan prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dengan mengacu pada hipotesis yang dirumuskan dan tingkat kepercayaan 5%, dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajara Solving dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan uji F diperoleh FA > Ftabel, yaitu 14,7704 > 3,997. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan hasil belajar matematika. Berdasrakan uji F diperoleh FB > Ftabel, yaitu 408,943 > 3,147. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan harga statistik uji FB > Ftabel, yaitu 408,943 > 3,147. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Solving dan Contextual Teaching and Learaning (CTL) ditinjau dari kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran problem soving, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Kedisiplinan Siswa, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 06:46
Last Modified: 28 Oct 2021 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23231

Actions (login required)

View Item View Item