Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Dengan Menggunakan Strategi Think-Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktifitas Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Sawit

Khasanah, Elza Uswatun (2013) Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Dengan Menggunakan Strategi Think-Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktifitas Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Sawit. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (516kB)

Abstract

Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan motivasi dan aktifitas siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Sawit Boyolali yang berjumlah 35 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi dan aktifitas belajar matematika. Metode pengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan dan review. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan aktifitas belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi dan aktifitas belajar matematika yaitu: 1) Siswa yang tekun mengerjakan tugas sebelum tindakan 14,28%. Setelah tindakan menjadi 37,14%. 2) Siswa yang ulet menghadapi kesulitan sebelum tindakan 11,43%. Setelah tindakan menjadi 25,71%. 3) Siswa yang senang bekerja mandiri sebelum tindakan 8,57%. Setelah tindakan menjadi 22,86%. 4) Siswa yang aktif bertanya pada guru sebelum tindakan 11,43%. Setelah tindakan menjadi 31,43%. 5) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 11,43%. Setelah tindakan menjadi 25,71%. 6) Siswa yang aktif mengerjakan soal-soal latihan ke depan kelas sebelum tindakan 8,57%. Setelah tindakan menjadi 25,71%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi dan aktifitas belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, aktifitas belajar, Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 06:22
Last Modified: 21 Mar 2013 08:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23228

Actions (login required)

View Item View Item