Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Card Sort

Putri, Diah Purwaning and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Card Sort. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dengan menerapkan strategi Card Sort. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Gatak yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya tanggung jawab dan hasil belajar matematika siswa melalui strategi Card Sort. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikator-indikator, yaitu: 1) melaksanakan tugas dan menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (16,2%) dan setelah tindakan sebanyak 23 siswa(74,2%), 2) mau menerima konsekuensi dari tindakannya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (19,4%) dan setelah tindakan sebanyak 25 siswa (80,6%). Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi ≥60 sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (12,9%) dan setelah tindakan sebanyak 26 siswa (83,9%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Sort, tanggung jawab, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 06:09
Last Modified: 27 Oct 2021 22:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item