Kontribusi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Educations Dan Missouri Mathematics Project Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa

Wicaksana, Hafid (2013) Kontribusi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Educations Dan Missouri Mathematics Project Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (460kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (339kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji (1) kontribusi model pembelajaran RME dan MMP terhadap prestasi belajar matematika, (2) kontribusi kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) kontribusi model RME dan MMP serta kemampuan awal siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat komparatif, yaitu membandingkan kontribusi model pembelajaran RME dan MMP dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Nguter tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi (hasil ulangan harian siswa) untuk mengetahui kemampuan awal siswa, dan metode tes untuk mengetahui prestasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini adalah: (i) Penggunaan model pembelajaran RME dan MMP tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fobs= 3,491 < 4,06 =Ftabel pada taraf signifikansi 5%), (ii) Kemampuan awal tinggi, sedang, rendah yang dimiliki siswa memberikan kontribusi yang berbeda terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fobs= 4,497 > 3,21 =Ftabel, pada taraf sinifikansi 5%), Siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa yang memiliki kemampuan awal sedang dan menghasilkan prestasi yang lebih baik jika di bandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan awal sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, (iii) Penggunaan model pembelajaran RME dan MMP memberikan kontribusi yang berbeda jika ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fobs= 3,952 > 3,21 =Ftabel, pada taraf signifikansi 5%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Realistic, Missouri, Kemampuan awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 05:14
Last Modified: 21 Mar 2013 05:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23215

Actions (login required)

View Item View Item