Sikap Toleransi Terhadap Siswa Penyandang Disabilitas Dalam Sekolah Inklusi (Studi Kasus Pada Siswa SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar)

Indaryanti, Dwi and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2013) Sikap Toleransi Terhadap Siswa Penyandang Disabilitas Dalam Sekolah Inklusi (Studi Kasus Pada Siswa SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (624kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (430kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui gambaran tentang sikap toleransi terhadap siswa penyandang disabilitas. Metode pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitin ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu sumber data dan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap toleransi terhadap siswa penyandang disabilitas dalam sekolah inklusi di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa memiliki toleransi yang tinggi berpijak pada indikator: (1) Siswa dapat menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap siswa penyandang disabilitas tanpa ada rasa takut, benci dan iri serta siswa dapat menempatkan diri di dalam kelas maupun di luar kelas seperti bersedia duduk sebangku dengan siswa penyandang disabilitas, bersedia memberi selamat pada siswa penyandang disabilitas atas prestasi yang telah dicapai. (2) Ikut merasakan kesedihan teman ketika siswa penyandang disabilitas mengalami kejadian buruk saat dikelas maupun diluar kelas seperti tidak menghina siswa penyandang disabilitas atas keterbatasan yang dimilikinya, bersedia membela dan menemani siswa penyandang disabilitas saat digangu temannya. (3) Bersedia membantu siswa penyandang disabilitas saat mengalami kesulitan seperti bersedia membantu apabila teman mengalami kesulitan tanpa diminta, bersedia mebantu menjelaskan ulang materi pelajaran. (4) Bersedia bekerja dalam kelompok yang berbeda seperti bersedia berkelompok dengan siswa penyandang disabilitas walaupun mereka memiliki keterbatasan dan tidak lebih pandai dari siswa yang normal, bersedia berpisah kelompok dengan sahabat dan menerima berkelompok dengan siswa penyandang disabilitas. (5) Mampu mentolerir kondisi yang dialami siswa penyandang disabilitas seperti dapat menerima perlakuan khusus yang diberikan sekolah kepada siswa penyandang disabilitas, khusus mata pelajaran penjaskes siswa penyandang disabilitas diperbolehkan tidak mengikuti pelajaran praktek tetapi nilainya tetap bagus selayaknya siswa yang mengikuti praktek.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: toleransi, penyandang disabilitas, sekolah inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2013 12:00
Last Modified: 23 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23206

Actions (login required)

View Item View Item