Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Melalui Pendekatan Mastery Learning Bagi Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Karanganyar Purwodadi Tahun 2012/2013

Suryani, Nova and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Melalui Pendekatan Mastery Learning Bagi Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Karanganyar Purwodadi Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (818kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karanganyar Purwodadi melalui penekatan Mastery Learning. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sunber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dasar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Indikator pemahaman konsep : keseriusan serius mempelajari materi, ketepatan menjawab pertanyaan dan aktif bertanya, kemampuan memecahkan masalah. Pada setiap tindakan pemahaman siswa selalu mengalami peningkatan. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Siklus I pertemuan 1, siswa yang memiliki pemahaman kurang sebanyak 10 siswa (47,61%), siswa yang memiliki pemahaman cukup sebanyak 6 siswa (28,57%), siswa yang memiliki pemahaman tinggi sebanyak 5 siswa (23,80%). Siklus I pertemuan 2, siswa yang memiliki pemahaman rendah sebanyak 6 siswa (28,57%), siswa yang memiliki pemahaman cukup sebanyak sebanyak 7 siswa (33,33%), siswa yang memiliki pemahaman tinggi sebanyak 8 siswa (38,09%). Siklus II pertemuan 1, siswa yang memiliki pemahaman rendah sebanyak 3 siswa (14,28%), siswa yang memiliki pemahaman cukup sebanyak 8 siswa (38,09%), siswa yang memiliki pemahaman tinggi sebanyak 10 siswa (47,62%). Siklus II pertemuan 2, siswa yang memiliki pemahaman rendah sebanyak 2 siswa (9,52%), siswa yang memiliki pemahaman cukup sebanyak 1 siswa (4,76%), siswa yang memiliki pemahaman tinggi sebanyak 18 siswa (85,71%). Untuk Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebanyak 8 siswa 47,61%. Pada siklus II 18 siswa atau 85,71%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Mastery Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dasar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 1 Karanganayar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Mastery Learning, pemahaman konsep dasar, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:44
Last Modified: 29 Oct 2021 15:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23204

Actions (login required)

View Item View Item