UMS ETD-db

ANALISIS PERUBAHAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI LABA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SIZE EFFECT (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur go publik di BEJ)

Rusmiati, Hestik (2008) ANALISIS PERUBAHAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI LABA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SIZE EFFECT (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur go publik di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

823kB

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan rasio keuangan terhadap perubahan laba perusahaan manufaktur dan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan (size effect) terhadap pengaruh perubahan rasio keuangan terhadap perubahan laba perusahaan manufaktur yang terdafta di BEJ. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang go buplik di Bursa Efek Jakarta periode 2003-2005. Pemilihan sampel yang akan diuji dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria perusahaan menerbitkan laporan keuangan per 31 Desember 2003- 2005, memiliki data laporan keuangan, dan mempunyai laba positif pada periode analisis. Adapun jumlah sampel yang ada berjumlah 62 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah: uji asumsi klasik, analisis regresi multiple, uji t, dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan secara parsial atau individual empat perubahan rasio keuangan yaitu perubahan NPM, perubahan ROI, perubahan ROE, dan perubahan DER berpengaruh terhadap perubahan laba, sedangkan ketujuh rasio lainnya yaitu CR, TATO, ITO, OPM, GPM, DTE dan PER tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan laba perusahaan, 2) Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 78,094 > Ftabel sebesar 2,04 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini bahwa secara bersama-sama perubahan rasio keuangan berpengaruh terhadap perusabahan laba perusahaan manufaktur, 3) Hasil pengolahan data menghasilkan Adjuted R2 seebsar 0,933 yang berarti sekitar 93,30% variabel perubahan laba dapat dijelaskan oleh variabel perubahan rasio keuangan. Sedangkan sisanya sekitar 6,70% dijelaskan oleh faktor lain di luar model regresi, 4) Hasil pengolahan data dengan penambahan variabel ukuran perusahaan (variabel dummy) menunjukkan bahwa dari 11 perubahan rasio keuangan yang digunakan dan satu variabel dummy hanya tiga rasio saja yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba yaitu Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE) dan Debt Equity Ratio (DER), sedangkan kedelapan rasio lainnya yaitu CR, TATO, ITO, OPM, GPM, NPM, DRE dan PER tidak berpengaruh signifikan terahdap perubahan laba.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:B100040322
Uncontrolled Keywords:Rasio Keuangan, Laba, Size Effect.
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
ID Code:232
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:14 Aug 2008 04:46
Last Modified:02 Feb 2011 04:32

Repository Staff Only: item control page