Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 Smp Negeri 18 Surakarta

SETYAWAN, TEDY and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 Smp Negeri 18 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (358kB)

Abstract

dan hasil belajar matematika melalui penerapan Problem Based Learning pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 18 Surakarta. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua silklus. Subyek penelitian ini yaitu guru matematika kelas VIII H SMP Negeri 18 Surakarta sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII H yang berjumlah 28 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian yaitu 1) terdapat peningkatan tanggung jawab dilihat dari meningkatnya indikator tanggung jawab meliputi a) melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh dari kondisi awal 28,57% menjadi 71,43%, b) menepati janji dari kondisi awal 39,29% menjadi 85,71%, c) mau menerima akibat dari perbuatannya dari kondisi awal 21,43% menjadi 78,57%, dan 2) terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan indikator siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 dari kondisi awal 17,86% menjadi 60,71%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, Hasil belajar, Problem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 20 Mar 2013 12:02
Last Modified: 27 Oct 2021 20:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23199

Actions (login required)

View Item View Item