Upaya Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Mengembangkan Peran Wanita ( Studi Kasus di Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun 2012 )

Lumkhatun, Lumkhatun and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si (2013) Upaya Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Mengembangkan Peran Wanita ( Studi Kasus di Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun 2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (846kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, 1. Mendiskripsikan profil peranan wanita di Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun 2012, 2. Mendiskripsikan upaya BPD dalam mengembangkan peranan wanita di Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun 2012, 3. Mendiskripsikan kendala yang dihadapi BPD dalam proses pengembangan peranan wanita di Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun 2012, 4. Mendiskripsikan solusi BPD dalam mengatasi masalah pengembangan peran wanita di Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal Tahun 2012. Subjek penelitian ini adalah anggota BPD, kepala desa, anggota dan pengurus PKK, kader Posyandu, bidan desa serta pedagang atau wirausaha di Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik dokumentasi atau arsip, observasi, dan wawancara. Keabsahan datanya dengan cara triangulasi, sumber data dan teknik pengumpulan data, sedangkan untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ikut serta dalam mengembangkan peran wanita di Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal yaitu pengembangan mengenai program kegiatan PKK, Posyandu dan simpan pinjam uang untuk usaha pedagang/wirausaha serta apabila kegiatan organisasi wanita memerlukan dana maka dapat meminjam atau meminta bantuan kepada pemerintah desa melalui BPD, dan apabila ada bantuan dari pemerintah untuk masyarakat maka penyaluran tersebut juga melalui BPD, kepala desa dan kepala urusan keuangan. jadi, BPD ikut berperan dalam pengembangan peran wanita

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pengembangan Peran Wanita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:23
Last Modified: 23 Oct 2021 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23196

Actions (login required)

View Item View Item