Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Di Tinjau Dari Motivasi Dan Dukungan Orangtua Pada Siswa Kelas XI Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Hastiyono, Yuliyanto Dwi and , Drs.H.M.Yahya,M.Si and , Drs.Sudarto HS. MM (2013) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Di Tinjau Dari Motivasi Dan Dukungan Orangtua Pada Siswa Kelas XI Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Sukoharjo Jurusan Akuntansi Tahun Ajaran 2012/2013; 2) Dukungan orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Sukoharjo Jurusan Akuntansi Tahun Ajaran 2012/2013; 3) Motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Sukoharjo Jurusan Akuntansi Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F,dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier: Y = 55,151+ 0,244X1 + 0,228X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh motivasi belajar dan dukungan orangtua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Sukoharjo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,495>1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,015dengan sumbangan efektif sebesar11,8%; 2) Ada pengaruh dukungan orangtua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Sukoharjo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,377 >1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,020, dengan sumbangan efektif sebesar 11%; 3) Ada pengaruh motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Sukoharjo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 11,361 >3,115dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 51,7% dan sumbangan efektif 11,8%, sedangkan variabel dukungan orangtua memberikan sumbangan relatif sebesar 48,3%dan sumbangan efektif 11%. Dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,228 (22,8%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Dukungan Orangtua dan PrestasiBelajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:26
Last Modified: 28 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23195

Actions (login required)

View Item View Item