Peningkatan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Aptitude Treatment Interaction Dengan Media Pocket Card (Ptk Bagi Siswa Kelas Vii Semester Ii Smp Negeri 2 Gatak Tahun 2012/2013)

WIDIASTUTI, PURNA YUDA MEI and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Aptitude Treatment Interaction Dengan Media Pocket Card (Ptk Bagi Siswa Kelas Vii Semester Ii Smp Negeri 2 Gatak Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (574kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Proses pembelajaran matematika yang digunakan adalah strategi aptitude treatment interaction dengan media pocket card. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu 1) terdapat peningkatan kedisiplinan yang diamati dari meningkatnya indikator kedisiplinan meliputi yaitu a) taat terhadap peraturan sebelum tindakan 10 siswa (31,25 %), siklus I 18 siswa (56,25 %), siklus II 26 siswa (81,25 %), dan b) tepat waktu sebelum tindakan 9 siswa (28,13 %), siklus I 17 siswa (53,13 %), siklus II 24 siswa (75 %)dan 2) terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan indikator siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan 7 siswa (21,88 %), siklus I 14 siswa (43,75 %), siklus II 23 siswa (71,88 %). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi aptitude treatment interaction dengan media pocket card dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Hasil belajar, Aptitude, Treatment, Interaction, Pocket card.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:21
Last Modified: 27 Oct 2021 20:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23194

Actions (login required)

View Item View Item