Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mandiri Pada Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013)

Handayani, Dian Tri and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mandiri Pada Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (609kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, untuk mendiskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, untuk mendiskripsikan solusi/ upaya mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Sumber data dalam penelitian ini meliputi informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Untuk menguji keabsahan/kevalidan data penulis menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik/metode pengumpulan data. sedangkan untuk menganalisis data penulis mengunakan analisis dara interaktif. Setelah dilakukannya penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa Pelaksanaan pendidikan karakter mandiri di SMP Negeri 2 Kartasura diberikan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, dan menyenangkan yaitu melalui kegiatan kepramukaan. Semua kegiatan yang dilakukan sudah terjadwal dengan baik hal tersebut bertujuan agar Pembina dapat mengetahui perubahan karakter yang terjadi pada peserta didik. Kegiatan yang membuat peserta didik menjadi mandiri di SMP Negeri 2 Kartasura yaitu pelantikan, persami, PBB, apel pembukaan dan apel penutupan, dll. Kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Kartasura disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern dalam penelitian ini adalah kurangnya minat, motivasi, semangat dan keinginan peserta didik untuk berubah menjadi mandiri. Faktor ekstern dalam penelitian ini adalah faktor keluarga, lingkungan, media elektronik, dan cuaca. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi dapat dilakukan dengan melakukan pendidikan karakter secara terpadu dengan semua mata pelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler yaitu pramuka. Kegiatan kepramukaan yang diwajibkan bagi peserta didik kelas VII merupakan salah satu upaya untuk melaksanakan pendidikan karakter mandiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Mandiri, dan Kegiatan Kepramukaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:11
Last Modified: 23 Oct 2021 04:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23191

Actions (login required)

View Item View Item