Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dengan Media Visual Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Vii G Smp Negeri 2 Adimulyo Tahun Ajaran 2010/2011)

WINDARTI, EVI DWI and , Drs. Slamet HW, M.Pd and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dengan Media Visual Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Vii G Smp Negeri 2 Adimulyo Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
Dpn_Skripsi.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (162kB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran creative problem solving dengan media visual dan (2) meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran creative problem solving dengan media visual. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Adimulyo, yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini : (1) Ada peningkatan minat belajar siswa, dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang : a) antusias dalam mengikuti pelajaran dengan menyiapkan buku pelajaran dan alat tulis sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 62,55% b) memberi tanggapan guru atau siswa lain sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 57,55% c) menjawab pertanyaan guru atau siswa lain sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan 55% d) menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 7,5% dan setelah tindakan 50% 2) Ada peningkatan pemahaman konsep belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang : a) kemampuan mendefinisikan suatu konsep sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan 57,55% b) mengekspresikan contoh dan bukan contoh sebelum tindakan 20% dan setelah tindakan 55% c) memecahkan masalah sebelum tindakan 15% dan setelah tindakan62,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran creative problem solving, media visual, minat belajar dan pemahaman konsep belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:08
Last Modified: 19 Oct 2021 23:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23190

Actions (login required)

View Item View Item