Pengembangan Kompetensi Sosial Guru (Studi Tentang Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Masyarakatnya Di SMP Negeri 1 Wonosari Klaten)

Nugraheni, Restu and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2013) Pengembangan Kompetensi Sosial Guru (Studi Tentang Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Masyarakatnya Di SMP Negeri 1 Wonosari Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (522kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kompetensi sosial guru (studi tentang peran serta guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam masyarakatnya di SMP Negeri 1 Wonosari Klaten). Penelitian ini mengkaji mengenai profil kompetensi sosial guru serta kendala dan solusi pengembangan peran serta guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 1 Wonosari Klaten dalam masyarakat. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu sumber data dan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di hasilkan simpulan yaitu (1) profil kompetensi sosial guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 1 Wonosari Klaten, interaksi guru dengan peserta didik dilakukan pada saat KBM dan di luar jam KBM tidak diskriminasi, interaksi guru dengan rekan kerja guru dilakukan dengan komunikasi yang kekeluargaan, berbagi pengalaman dan pengetahuan, interaksi guru dengan kepala sekolah dilakukan dalam bentuk formal, interaksi guru dengan orangtua peserta didik dilakukan dengan saling konfirmasi mengenai kegiatan dan hasil belajar peserta didik, interaksi guru dengan masyarakat dilakukan dengan tanggungjawab guru dalam partisipasi guru di masyarakat. (2) Kendala dari pengembangan kompetensi sosial guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 1 Wonosari Klaten dalam masyarakatnya adalah waktu yang kurang efektif, kurangnya kesadaran dan kekompakkan dari anggota masyarakat dan minimnya dana serta fasilitas. (3) Solusi dari kendala pengembangan kompetensi sosial guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 1 Wonosari Klaten dalam masyarakatnya adalah membuat jadwal kegiatan, membuat prioritas kegiatan, memberi motivasi dan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya kegiatan masyarakat, mengajukan proposal untuk menggalang dana. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru agar lebih meningkatkan kompetensi sosial yang dimilikinya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi sosial, Peran guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2013 10:24
Last Modified: 23 Oct 2021 04:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23184

Actions (login required)

View Item View Item