Konstruksi Nilai-Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Pada Syair Lagu Perjuangan Indonesia (Studi Hermeneutika pada Lagu-lagu Perjuangan Ciptaan C. Simanjuntak)

Wulandari, Rika and , Dra. Sundari, SH., M.Hum. (2013) Konstruksi Nilai-Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Pada Syair Lagu Perjuangan Indonesia (Studi Hermeneutika pada Lagu-lagu Perjuangan Ciptaan C. Simanjuntak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Judul.pdf

Download (648kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme pada syair lagu perjuangan Indonesia (studi hermeneutika pada lagu-lagu perjuangan ciptaan C. Simanjuntak). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode dokumentasi, studi pustaka, dan studi hermeneutika. Untuk menguji keabsahan datanya dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data, sedangkan untuk menganalisis data melalui analisis teks atau hermeneutika. Penelitian ini mengkaji muatan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme pada syair lagu perjuangan Indonesia ciptaan C. Simanjuntak dengan indikator masing-masing.Berdasarkan analisis dengan berbagai indikator masing-masing nilai disimpulkan bahwa (1) lagu perjuangan Indonesia ciptaan C. Simanjuntak dalam perspektif hermeneutika mengandung nilai nasionalisme dan patriotisme, (2) Nilai nasionalisme dalam wujud keinginan membela negara dengan perjuangan para pahlawan membela bangsa didasari oleh keinginan yang kuat dengan mewujudkan persatuan, (3) nilai nasionalisme dalam wujud rasa loyal atau kesetiaan kesetiaan terhadap negara harus dilakukan dengan sepenuh hati dan tidak dibatasi oleh waktu, (4) nilai nasionalisme dalam wujud rasa hormat dapat dilakukan dengan menghormati keindahan, saling toleransi, dan menghargai negara, (5) nilai nasionalisme dalam wujud rasa cinta yaitu bahwa Indonesia adalah wilayah yang indah dan kaya, maka dari itu harus selalu dicintai dan dijaga kelestariannya, (6) nilai patriotisme dalam wujud jiwa nasionalisme yang tinggi yaitu dengan selalu setia untuk membela negara, (7) nilai patriotisme dalam wujud nilai nasionalisme yang diwariskan oleh tokoh-tokoh pejuang terdahulu yaitu bahwa sebagai generasi penerus bangsa harus selalu menghargai jasa para pahlawan yang rela mati untuk kemerdekaan negara, (8) nilai patriotisme dalam wujud keyakinan bahwa perjuangannya adalah benar bahwa untuk membela negara tidak hanya sekedar ikut maju tetapi harus dengan keyakinan bahwa yang dibela itu adalah benar, (9) nilai patriotisme dalam wujud kesadaran untuk berbuat yang terbaik bagi Negara dan Bangsa Indonesia yaitu bahwa sebagai warga negara yang baik harus terus meneruskan perjuangan para pahlawan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme, syair lagu perjuangan Indonesia, C. Simanjuntak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2013 05:17
Last Modified: 23 Oct 2021 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23183

Actions (login required)

View Item View Item