Peningkatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education Dengan Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Gesi Tahun 2012/2013

Prasetyowati, Windi (2013) Peningkatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education Dengan Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Gesi Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (818kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah pubilkasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (796kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan pemecahan masalah matematika melalui strategi Realistic Mathematics Education dengan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian melalui tahap dialog awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, evaluasi dan penyimpulan dilakukan secara siklus. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIG SMP N 1 Gesi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik dan triangulasi metode. Hasil penelitian ada peningkatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika melalui strategi realistic mathematics education dengan tutor sebaya. Pemecahan masalah diamati dari meningkatnya 1) Memahami masalah pada kondisi awal sebesar (21,87%) dan diakhir siklus mencapai (84,37%), 2) Merencanakan cara menyelesaikan pada kondisi awal sebesar (18,75%) dan diakhir siklus mencapai (81,25%), 3) Melaksanakan cara menyelesaikan pada kondisi awal sebesar (15,62%) dan diakhir siklus mencapai (81,25%), 4) Menafsirkan hasil pada kondisi awal sebesar (15,62%), dan diakhir siklus mencapai (78,12%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan strategi RME dengan tutor sebaya pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemecahan masalah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Realistic, tutor sebaya, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Mar 2013 11:00
Last Modified: 19 Mar 2013 12:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23170

Actions (login required)

View Item View Item