PENGARUH KECEMASAN MENGHADAPI TES AKUNTANSI DAN PERHATIAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI TAHUN PELAJARAN 2007/2008

KUSNIATI, Ifah Nanik (2008) PENGARUH KECEMASAN MENGHADAPI TES AKUNTANSI DAN PERHATIAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040105.pdf

Download (139kB)
[img] PDF
A210040105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh kecemasan menghadapi tes akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dalam kegiatan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) untuk mengetahui pengaruh kecemasan menghadapi tes akuntansi dan perhatian orang tua dalam kegiatan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengaruh kecemasan menghadapi tes akuntansi sebagai variabel bebas 1(X1) dan perhatian orang tua dalam kegiatan belajar sebagai variabel bebas 2 (X2) serta prestasi belajar akuntansi sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 160 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 siswa dari 160 siswa yang menjadi populasi. Karena jumlah tersebut dipandnag representatif karena sudah melampaui jumlah batas minimal sampel yaitu 25% dari populasi. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampling combine sampling, yaitu kombinasi antara teknik random sampling dengan teknik purposive sampling. Dari hasil kombinasi teknik pengambilan sampling tersebut diperoleh 40 siswa dari 4 kelas XI IPS, dimana setiap kelas masing-masing 10 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan tiap-tiap prediktor, yang meliputi sumbangan relatif (SR) dan sumbangan efektif (SE). Dari analisis diperoleh bahwa (1) terdapat pengaruh negatif antara kecemasan menghadapi tes akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo, terbukti dari hasil analisis nilai thitung sebesar -2,816 dengan nilai probabilitas sebesar 0,008 pada taraf signifikansi 5%. (2) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo terbukti dari hasil analisis nilai thitung sebesar 3,685 dengan nilai probabilitas 0,001 pada taraf signifikansi 5%. (3) Hasil analisis uji F terbukti bahwa nilai Fhitung sebesar 21,306 pada taraf signifikansi 5%, hal ini berarti bahwa kecemasan menghadapi tes akuntansi dan perhatian orang tua dalam kegiatan belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo, dengan persamaan regresi linier berganda Y = 30,165 – 0,865X1 + 1,739X2. Nilai koefisien dalampersamaan regresi linier berganda tersebut menunjukkan bahwa perhatian orang tua dalam belajar akuntansi lebih memberikan pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel kecemasan menghadapi tes akuntansi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecemasan menghadapi tes akuntansi, perhatian orang tua dalam kegiatan belajar, prestasi belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 09 Jun 2009 02:39
Last Modified: 17 Nov 2010 00:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2316

Actions (login required)

View Item View Item