Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bekonang Filial Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013

Azam, Agus and , Drs.Sudarto HS. MM and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bekonang Filial Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
1._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (823kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Croosword Puzzle untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaranekonomi pada siswa kelasVIII. MTs Negeri Bekonang Filial Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan srtategi pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran ekonomi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata – rata tingkat keaktifan sebesar 10%. Pada siklus I tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 41,66%. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 85%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan srtategi pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII. MTs Negeri Bekonang Filial Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Kata kunci: Strategi pembelajaranCrossword Puzzle, Keaktifan, Ekonomi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2013 12:15
Last Modified: 28 Oct 2021 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23159

Actions (login required)

View Item View Item