Kreativitas Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2012/2013

Dyah, Anis Sucining and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and , Dra,Wafroturahmah,S.E,M.M (2013) Kreativitas Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (534kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap kreativitas belajar, 2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap kreativitas belajar, 3) pengaruh kemampuan berfikir kritis dan kedisiplinan belajar terhadap kreativitas belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Ngemplak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 222 siswa dengan sampel sebanyak 56 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara acak. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 19,561 + 0,338.X1 + 0,247.X2 yang artinya kreativitas belajar dipengaruhi oleh kemampuan berfikir kritis dan kedisiplinan belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Kemampuan berfikir kritis berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > tabel t yaitu 2,468 > 2,005 pada taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,017. 2) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > tabel t yaitu 2,041 > 2,005 pada taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,046. 3) Kemampuan berfikir kritis dan kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung F > Ftabel yaitu 10,484 > 3,171 pada taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. (4) Variabel kemampuan berfikir kritis memberikan sumbangan efektif sebesar 15,9%. Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 12,4%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 28,3%, sedangkan 71,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berfikir kritis, Kedisiplinan belajar dan Kreativitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2013 11:56
Last Modified: 28 Oct 2021 03:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23154

Actions (login required)

View Item View Item