Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Siswa Kelas X Akuntansi Smk Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013

Widyastuti, Riris and ., Drs.Djumali, M.Pd. and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Siswa Kelas X Akuntansi Smk Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan pembelajaran melalui penggunaan metode Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dan sebagai upaya untuk memecahkan permasalahn belajar yang terjadi di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partispasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terbukti dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dalam peningkatan keaktifan setiap siklus. Keaktifan dalam kondisi awal sebelum adanya penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) 29,34%, pada siklus I 52,17 %, dan pada siklus II keaktifan pembelajaran meningkat menjadi 91,3%. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran akuntansi siswa kelas X AK SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2013 11:34
Last Modified: 28 Oct 2021 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23153

Actions (login required)

View Item View Item