Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013

Asrori, Huda and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd (2013) Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013. 2) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI VIII SMPN 2 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013. 3) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI VIII SMPN 2 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik yang dibantu dengan program SPSS for Windows versi 16.00. Populasi dalam penelitian ini adalah 249. Sampel yang diambil adalah 63 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R² dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y = 40,772 + 0,425.X1 + 0,282.X2. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t sebesar 5,344 yang lebih besar dari tabel t yaitu sebesar 2,000 pada taraf signifikan 5%, dengan sumbangan efektif sebesar 33,6%. 2) Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t sebesar 4,402 yang lebih besar dari pada tabel t yang sebesar 2,000 pada taraf signifikan 5%, dengan sumbangan efektif sebesar 25,8 %. 3) Motivasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 43,892 lebih besar dari nilai Ftabel yang sebesar 3,150 pada taraf signifikan 5%. Hasil uji koefisien determinasi (R²) diperoleh sebesar 0,594 menunjukan bahwa besarnya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN 2 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013 adalah 59,4% sedangkan sisanya sebesar 40,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Lingkungan belajar dan Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2013 11:26
Last Modified: 28 Oct 2021 03:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23151

Actions (login required)

View Item View Item