Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013)

Faizin, Anas and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, 1 wujud nilai-nilai Pancasila dan kegiatan Kepramukaan di SMP Negeri 1 Boyolali, 2 implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan Kepramukaan di SMP Negeri 1 Boyolali, 3 kendala-kendala yang dihadapi saat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan Kepramukaan di SMP Negeri 1 Boyolali, 4 solusi guna mengatasi kendala implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan Kepramukaan di SMP Negeri 1 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau cara uantifikasi. Subyek penelitian menggunakan key informan yang digunakan untuk mencari informasi sebanyakbanyaknya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penetapan validitas data dalam penulisan ini melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik, untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1 Wujud nilai-nilai Pancasila di SMP Negeri 1 Boyolali dapat dilihat melalui program-program yang dibentuk oleh sekolah. Sementara itu, wujud kegiatan Kepramukaan meliputi kegiatan fisik dan non fisik. 2 Penerapan nilai ketuhanan tampak terlihat dari ketaatan anggota pramuka dalam mengamalkan ajaran-ajaran Agama. Penerapan nilai kemanusiaan tampak dari rasa kasih sayang antar anggota Pramuka. Penerapan nilai persatuan tampak kegiatan yang dilakukan selalu mengedepankan untuk memupuk rasa kebersamaan. Penerapan nilai kerakyatan tampak dari terjaganya demokrasi dalam kegiatan kepramukaan. Nilai Keadilan tampak dari tingkat toleransi anggota Pramuka, serta Pembina Pramuka yang bersikap adil. 3 Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan Kepramukaan di SMP Negeri 1 Boyolali memiliki kendala yakni kendala yang berasal dari individu dan kendala yang berasal dari lingkungan penunjang. 4 Kendala yang muncul akibat perbedaan tingkat kesadaran siswa untuk mengamalkan nilai Pancasila dapat diatasi dengan pendekatan individu oleh Pembina Pramuka. Kurangya Pembina aktif yang dapat memberikan contoh terhadap anggota Pramuka dalam pelaksanaan nilai Pancasila dapat diatasi dengan sistem Kaderisasi atau senioritas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pancasila, implementasi nilai-nilai Pancasila, Kepramukaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Mar 2013 07:25
Last Modified: 23 Oct 2021 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23143

Actions (login required)

View Item View Item