Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kolaborasi Examples Non Examples Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Hayati, Nurul and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2013) Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kolaborasi Examples Non Examples Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (158kB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui penggunaan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) kolaborasi Examples Non Examples. Sebelum diadakan tindakan siswa cenderung pasif dan guru sudah mengupayakan strategi pembelajaran lain seperti ceramah, diskusi. Akan tetapi penggunaan strategi tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) kolaborasi Examples Non Examples. Subjek dalam tindakan ini adalah siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penggunaan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) kolaborasi Examples Non Examples dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas VIII D SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 75% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII D SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 dalam berbagai indikator yang telah ditentukan sebelum diadakan tindakan kelas adalah 5 siswa (25%) dari 20 siswa. Setelah dilakukan tindakan dengan strategi yang telah disepakati, siklus I meningkat menjadi 13 siswa (65%) dan siklus II meningkat menjadi 17 siswa (85%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dari Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) kolaborasi Examples Non Examples dapat meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 10 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) kolaborasi Examples Non Examples.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Mar 2013 06:53
Last Modified: 23 Oct 2021 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item View Item