PENGARUH PERHATIAN, MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI MAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2008/2009

TRIASARI, Novia (2008) PENGARUH PERHATIAN, MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI MAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040102.pdf

Download (86kB)
[img] PDF
A210040102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh perhatian terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.. (2) Pengaruh minat terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (3) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (4) Pengaruh perhatian, minat, dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Karanganyar tahun ajaran 2008/2009. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan terlebih dahulu dan diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Persamaan garis regresi yang diperoleh adalah: Y = 3,020 + 0,043.X1 + 0,042.X2 + 0,055.X3. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh perhatian, minat, dan kebiasaan belajar siswa. (2) Perhatian siswa, minat, dan kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (19,778 > 2,84) diterima pada taraf signifikansi 5%. (3) Perhatia n siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (2,585 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. (4) Minat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (2,914 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5% (5) Kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAN Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,957 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. (6) Perhatian siswa memberikan sumbangan efektif 10,2%, variabel minat memberikan sumbangan efektif 22,4%, dan kebiasaan belajar memberikan sumbangan efektif 29,8% terhadap prestasi belajar siswa. Secara keseluruhan variabel perhatian siswa, minat, dan kebiasaan belajar memberikan sumbangan sebesar 62,2% terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perhatian, minat, kebiasaan belajar, prestasi belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 09 Jun 2009 02:29
Last Modified: 17 Nov 2010 00:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item