Peran BPD Dalam Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (Studi Kasus di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes)

Gumelar, Abih and , Drs. Ahmad Muthali'in. MSi (2013) Peran BPD Dalam Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (Studi Kasus di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (618kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (447kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran BPD dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan Program Pembangunan Infarstruktur Perdesaan (PPIP) di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi jenis sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran BPD dalam perencanaan PPIP di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes meliputi survey kampung sendiri yang dilakukan oleh masyarakat bersama BPD, penyusunan usulan RKM yang dilakukan oleh Organisasi Masyarakat Setempat, Kader Desa, dan BPD. Selanjutnya untuk verifikasi RKM yang dilakukan tim dari kabupaten yang dihadiri oleh BPD sendiri, dan hasil akhir dari verifikasi RKM atau finalisnya. 2) Peran BPD dalam pelaksanaan PPIP di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes meliputi musyawarah desa III bersama BPD, melakukan rembug warga dalam membahas pelaksanaan ke depan, mengadakan barang/jasa, melaporkan kegiatan pembangunan tersebut bersama BPD, dan memasang papan informasi terkait pelaksanaan infrastruktur Desa Ciputih. 3) Peran BPD dalam evaluasi atau pengawasan PPIP di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes seperti keterlibatan masyarakat desa terutama kaum perempuan dan masyarakat miskin, penyelesaian penanganan pengaduan, keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan program di tingkat desa, pengawasan terhadap kinerja perangkat desa, transparansi pelaksanaan PPIP, dan pengawasan terhadap kinerja OMS dan kader Desa Ciputih.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran BPD, Pelaksanaan PPIP
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Mar 2013 06:44
Last Modified: 23 Oct 2021 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23139

Actions (login required)

View Item View Item