Kehidupan Perempuan Pedagang Pada Malam Hari Di Pasar Tradisional Dalam Perspektif Gender (Studi Kasus Di Pasar Legi Kota Surakarta)

Ridhwan, Ahmad (2013) Kehidupan Perempuan Pedagang Pada Malam Hari Di Pasar Tradisional Dalam Perspektif Gender (Studi Kasus Di Pasar Legi Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (847kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, Faktor-faktor pendorong para perempuan berdagang pada malam hari, kondisi ekonomi, aktifitas, serta keamanan dan kesehatan para perempuan pedagang pada malam hari di pasar Legi kota Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi dan telaah dokumentasi. Untuk menguji keabsahan datanya dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data, sedangkan untuk menganalisis data menerapan model analisis interaktif malalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari para pedagang yang menggelar dagangannya pada malam hari di pasar Legi kota Surakarta adalah kebanyakan para perempuan. Pekerjaan para perempuan sebagai pedagang pada malam hari dipengaruhi oleh beberapa faktor anatara lain faktor ekonomi yang rendah, adanya dorongan dari keluarga, keinginan untuk mandiri dan kondisi waktu. Perempuan yang bekerja sebagai pedagang pada malam hari telah menunjukkan bahwa perempuan memiliki perspektif gender dalam hak mendapat pekerjaan, tidak tersubornasi oleh hak laki-laki. Para perempuan melakukan aktifitas bedagang pada malam hari di pasar Legi kota Surakarta merupakan memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan berasal dari berbagai daerah yang berbeda juga, baik yang berasal dari dalam maupun luar kota Surakarta. Para perempuan menggelar dagangannya mulai dari jam 17:00 sampai jam 08:00. Barang dagangan yang dijual belikan beraneka macam antara lain yaitu, sayuran, roti, daging, nasi dan kebutuhan pokok lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, pedagang, perspektif gender
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Mar 2013 06:29
Last Modified: 16 Mar 2013 12:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23138

Actions (login required)

View Item View Item