Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Dengan Strategi Pembelajaran Discovery Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Parakan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Suparyati, Suparyati and , Drs.Saring Marsudi, SH,M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Dengan Strategi Pembelajaran Discovery Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Parakan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (686kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
publikasi_ilmiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran discovery pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Parakan, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek pelaku tindakan adalah peneliti dan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Parakan, Karanganyar.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes dan wawancara.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan rata- rata motivasi belajar dari 67% pada siklus I meningkat menjadi 82% pada siklus II, sedangkan ketuntasan hasil belajar meningkat dari 65% pada pra siklus meningkat menjadi 74% pada siklus I lalu meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan KKM IPA 70. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi Energi dan Penggunaannya siswa kelas IV MI Muhammadiyah Parakan, Karanganyar tahun pelajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi dan hasil belajar IPA, strategi pembelajaran discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2013 10:28
Last Modified: 03 Nov 2021 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23123

Actions (login required)

View Item View Item