Penerapan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Dewi, Sari (2013) Penerapan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Karanganyar pada semester genap tahun 2012/2013 dengan menerapkan metode Card Sort. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 43 siswa. Prosedur penelitian dengan 2 siklus dalam satu siklus terdiri empat langkah, yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Jenis penelitian bersifat kuantitatif yang mengutamakan studi deskripsi. Sumber data menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian, yang dalam hal ini adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data dengan teknik olah data yang bersifat kualitatif, baik yang berhubungan dengan proses maupun hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dengan diterapkannya strategi Card Sort dalam proses pembelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam, keaktifan belajar siswa dari kondisi awal sampai dengan siklus II selalu meningkat, yang mana keaktifan belajar siswa setelah tindakan siklus II mencapai 94,9%. Perolehan indikator kinerja sebesar 94,9% ini sudah melebihi KKM yang diharapkan, yakni 80%. Oleh karena itu proses pembelajaran dengan strategi Card Sort bisa dihentikan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: ”Penerapan strategi Card Sort dalam pelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013”, terbukti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Sort, dan Keaktifan Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2013 10:20
Last Modified: 14 Mar 2013 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23122

Actions (login required)

View Item View Item