Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Di Luar Kelas Materi Geometri ( Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Tahun Ajaran 2011/2012)

Kuncoro, Fajar Aji and , Dr. Sumardi, M.Si. and , Drs. Slamet H W, M.Pd. (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Di Luar Kelas Materi Geometri ( Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (594kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan khususnya matematika. Peningkatan penguasaan matematika tidak lepas dari proses belajar mengajar di sekolah. Langkah pertama untuk meningkatkan penguasaan tersebut adalah dengan menumbuhkan motivasi pada diri siswa. Salah satu strategi yang cocok untuk meningkatkan motivasi siswa agar belajar lebih aktif adalah dengan melakukan variasi pembelajaran matematika yaitu dengan melaksanakan pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor mathematics). Metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai sumber belajar dan sarana belajar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor mathematics) pada materi geometri yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan pengkajian standar kompetensi dan kompetensi dasar, pengidentifikasian materi pokok/pembelajaran, pengembangan kegiatan pembelajaran, perumusan indikator pencapaian kompetensi, penentuan jenis penilaian, penentuan alokasi waktu, dan penentuan sumber belajar . Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, silabus, LKS dan THB. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiah 9 Gemolong Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut :Hasil penilaian pengembangan perangkat silabus menunjukkan bahwa validator memberikan nilai rata-rata 3,5 (baik sekali), RPP sebesar 3,6 (baik sekali), LKS sebesar 3,4 (baik sekali), dan THB sebesar 3,2 (baik sekali). Hasil tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada saat pembelajaran matematika di dalam kelas hanya menunjukkan nilai rata-rata 64,2 (lebih rendah dari nilai KKM = 70). Setelah adanya pengembangan perangkat pembelajaran di luar kelas maka hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah pengembangan perangkat pembelajaran matematika mencapai 83,0 (> KKM). Peningkatan hasil belajar mencapai rata-rata 29,1%. Berdasarkan pemaparan di atas, maka perangkat pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor mathematics) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran , outdoor mathematics
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2013 07:16
Last Modified: 03 Nov 2021 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23117

Actions (login required)

View Item View Item