Penerapan Metode Course Review Horray Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N VI Bulungkulon Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2012/2013

Sulastri, Sulastri and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Penerapan Metode Course Review Horray Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N VI Bulungkulon Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (486kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (375kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa dengan metode course review horray pada siswa kelas IV SD Negeri VI Bulungkulon tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan metode course review horray yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri VI Bulungkulon yang berjumlah 38 siswa dan objek penenlitian adalah meningkatkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode course review horray. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan penerapan metode course review horray menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian diperoleh: 1) banyaknya siswa yang mampu menyampaikan pertanyaan/bertanya pada awalnya sebesar 18.42%, pada siklus I sebesar 50%, pada siklus II sebesar 71.05%. 2) siswa yang mampu menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23.68%, siklus I sebesar 60.53%, dan siklus II sebesar 78.95%. 3) siswa yang mau maju ke depan kelas untuk bercerita sebelum tindakan sebesar 15.79%, siklus I sebesar 44.74%, dan siklis II 65.79%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode course review horray dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri VI Bulungkulon Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara, hasil belajar, metode course review horray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2013 07:06
Last Modified: 29 Oct 2021 15:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

View Item View Item