Pengaruh Kemampuan Logika Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Setyono, Andi and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Pengaruh Kemampuan Logika Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (805kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan logika terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013? 2) Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013? 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan logika dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013? Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen sebanyak 99 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 80 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Uji yang digunakan sebelum analisis data adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah itu dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 68,782 + 0,128.X1 + 0,146.X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kemampuan logika dan kebiasaan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemampuan logika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0.036 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). 2) Kebiasaan belajar bepengaruh pada prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0,024 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). 3) Kemampuan logika dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). 4) Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi kemampuan logika terhadap prestasi belajar adalah sebesar 9,1% dan variabel kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 16,5% sehingga total sumbangan kemampuan logika dan kebiasaan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar adalah sebesar 25,6%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Logika, Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Mar 2013 12:04
Last Modified: 02 Nov 2021 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23112

Actions (login required)

View Item View Item